Kecerdasan Buatan Indonesia yang di Buat Brimob


Disini saya akan menjelaskan kecerdasan buatan di bidang pertahanan dan keamanan.
Negara indonesia adalah negara yang besar kaya akan sumber daya dan provit, tak kalah dengannegara lain.mungkin beranggapan bawah indonesia negara yang kalah saing dengan negara lainnya seperti amerika,jepang, china, dan korea dibidang teknologi.jangan salah bawah indonesia juga mempunyai kemampuan yang memang belum diketahui,termasuk sebuah robot canggih untuk berperang menggantikan manusia disini saya ingin membagikansebuah karya anak negeri yang patut kita ancungin jempol.saya akan menjelaskan tentang robot yang bernama GEGANA.
Robot GEGANA adalah robot yang diciptakan oleh tim penjinak bom gegana Brimob, robot ini mampu menjinakan sebuah bom yang tertanam ditanah.Dan mampu naik turun sebuah tanggah dan mampu menembak target incaran.Sebuah robot berbentuk tank ini memiliki berat 60-70 kg (kilogram), robot terbuat dari bahan pelat robot terinspirasi dari MK2 robot yang sama-sama bisa menjinakan sebuah bom milik kanada.Robot milik gegana brimob ini pernah dipamerkan dalam sebuah sebuah acara Pameran Teknologi dan Polisi di Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ), Jl Jenderal Sudirman.
Ipda Dwi yang mengoperasikan robot melalui 'remote control' jarak jauh memamerkan kebolehan si robot penjinak bom. Dengan desain track wheel, robot ini ternyata mampu menaiki dan menuruni tangga. Hop..hop..perlahan-lahan robot penjinak bom menaiki tangga panggung di BPMJ.

"Dia memang didesain selain di luar ruangan, tetapi juga di dalam ruangan. Untuk di dalam ruangan, tangga bisa dilaluinya," lanjutnya.

Sama halnya dengan MK2, robot yang dibuat anggota Brimob juga memiliki spesifikasi yang mirip dengan kloningannya. Pada bagian atas tank, terdapat alat untuk mencerai-berai bom 'pan discrupter' dan tangan pencapit untuk mengambil benda yang mencurigakan.

Pan discrupternya sendiri bisa diisi air dengan tekanan tinggi atau peluru softgun untuk mencerai berai bom. Bicara soal discrupter, masih banyak warga yang keliru soal ini. Beberapa menganggap teknik discrupter ini merupakan teknik meledakkan bom karena saat proses discrupter keluar suara seperti bunyi ledakan.

"Sebenarnya itu bukan diledakkan, tetapi dicerai-berai. Bom yang aktif kita cerai berai agar rangkaiannya tidak aktif atau jinak. Kalau bom rakitan itu kan rangkaiannya elektronik, jadi kita lumpuhkan tenaganya," jelasnya.

Terdapat 6 buah kamera yang dipasang di belakang, depan dan sudut kiri-kanan pada bagian depan serta di dekat pan discrupter. Dengan menggunakan wireless, robot ini mampu beroperasi hingga 500 meter.

"Untuk powernya kita menggunakan baterai dengan kekuatan 24 Volt dan bisa digunakan untuk 2 jam," katanya.

Robot tank ini juga dilengkapi alat penerangan agar bisa menerangi medan pada malam hari. Juga terdapat pengeras suara untuk memberi peringatan kepada warga atau orang yang menghalangi di depannya.

"Robot ini juga bisa digunakan untuk mengintai persembunyian teroris. Seperti MK2 yang digunakan waktu menggerebek kelompok Nurdin M Top di Jawa Tengah beberapa tahun lalu, dia memantau situasi di dalam ruangan tersebut," paparnya.

Robot tank ini juga dapat diaplikasikan dengan senjata api otomatis. Sehingga, begitu digunakan untuk melumpuhkan teroris, polisi bisa melakukan tindakan menembak teroris dengan menggunakan robot ini.

Untuk diketahui, robot tank ini dibuat di Puslitbang Polri. Robot tank ini dikeluarkan pada tahun 2011 lalu. Saat ini, Gegana Brimob Kelapa Dua sudah mampu membuat robot tank lebih dari dua buah, dan tentunya dengan ongkos produksi yang cukup murah.
VISI KORBRIMOB POLRI
Terwujudnya Postur Brimob Polri yang profesional, bermoral, modern dan patuh hukum sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat agarmampu melaksanakan tugas pokoknya dengan mengedepankan kemitraan untuk menghadapi ancaman dan gangguan keamanan dalam negeri

MISI KORBRIMOB POLRI
 1.         Melaksanakan tugas operasional Korps Brimob sebagai fungsi utama Polri, terhadap gangguan kamtibmas berkadar tinggi dengan mengedepankan pendekatan pelayanan masyarakat serta bersikap tegas namun humanis.
2.         Melakukan kegiatan kemasyarakatan dan kemanusiaan dalam Program Community Policing yang selalu menempatkan masyarakat sebagai Mitra Polri untuk terwujudnya stabilitas kamtibmas diseluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.         Melaksanakan kebijakan Polri dengan menjabarkan Program Kerja Akselerasi Transformasi Polri di jajaran Korps Brimob Polri serta pelaksanaan Program Quick Wins dalam rangka percepatan perubahan kultur personil Brimob sesuai tuntutan masyarakat.
4.         Peningkatan pemeliharaan dan pengembangan sarana dan prasarana di jajaran Korps Brimob Polri dengan melakukan inovasi melalui pengkajian alutsista yang disesuaikan dengan ilmu pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan tantangan tugas.
5.         Memantapkan kajian dan evaluasi serta penyempurnaan terhadap pilun-pilun yang berlaku di lingkungan Korps Brimob Polri dengan memperhatikan produk per undang-undangan yang lebih tinggi dan secara Bottom Up menggali aspirasi yang berkembang.
6.         Ikut serta dan berperan aktif dalam Misi Perdamaian Dunia, dengan mengirimkan personil Brimob yang terlatih dan siap menghadapi tantangan tugas.
7.         Meningkatkan sistem manajemen SDM Korps Brimob Polri secara optimal agar mampu memotivasi dan mendorong kapabilitas kinerja personil yang profesional, kompetensi dan remunerasi yang adil sesuai dengan tanggung jawab dan beban kerja untuk menciptakan gairah kerja dan kesejahteraan personil.
8.         Meningkatkan kemampuan personil Korps Brimob Polri secara terus menerus melalui pelatihan-pelatihan baik perorangan maupun satuan di tingkat pusat maupun wilayah agar tetap terpelihara disiplin, loyalitas, hirarki. maupun kemampuan manajerial secara berlapis dan berjenjang dalam menanggulangi gangguan kamtibmas berkadar tinggi.
9.         Merumuskan kebijakan serta menyelenggarakan penempatan personil dalam jabatan berdasarkan Prinsip Merit System, Achievment serta Reward and Punishment.
Tekhnologi yang digunakan:
-Robot ini diadaptasi dari robot penjinak bom MK2 buatan Kanada
-MK2 buatan Kanada lebih ringan
-mengoperasikan robot melalui 'remote control' jarak jauh memamerkan kebolehan si robot
- Pada bagian atas robot, terdapat alat untuk mencerai-berai bom (pan discrupter)
-Pan discrupternya sendiri bisa diisi air dengan tekanan tinggi atau peluru softgun untuk mencerai berai bom
-tangan pencapit robotnya untuk mengambil benda yang mencurigakan
-Terdapat 6 buah kamera yang dipasang di belakangnya
- Dengan menggunakan wireless, robot ini mampu beroperasi hingga 500 meter
=baterai dengan kekuatan 24 Volt dan bisa digunakan untuk 2 jam




Komentar

Postingan populer dari blog ini

STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN OJEK ONLINE

ARTIKEL KEADILAN DAN KEPERCAYAAN

PENGERTIAN SDLC DAN CONTOH – CONTOHNYA