INOVASI SI



APASIH INOVASI ITU?

Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern adalah pemanfaatan dan pengembangan suatu teknologi (berinovasi) yang memiliki kaitan untuk mempermudah manusia dalam berkomunikasi dan menyebarkanluaskan informasi hingga berbisnis dengan memperkenalkan inovasi sistem baru untuk menghasilkan informasi dan cara terbaru dalam menghasilkan suatu informasi.


contoh inovasi sistem informasi adalah:


  • bidang Keuangan, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dan kapanpun selama dia berada di layanan ATM dari bank tersebut  yang sudah tersebar luas di indonesia , seseorang dapat mentransfer uang tanpa perlu bertemu dengan orang yang di tuju dengan menggunakan nomor   rekening yang ia punya, dalam beberapa menit saja, semua transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
  • bidang Pendidikan. Salah satu aplikasi e-learning yang berbasis aplikasi adalah ruang guru. ruang guru digunakan oleh siswa SD, SMP, SMA untuk belajar dengan mudah melalui vidio tutorial berajal dari tutor online.
  • Sosial Media.Siapa yang tidak kenal dengan sosial media di era smartphone ini, Sosial media sekarang ini penuh inovasi setiap tahunnya. Mulai dari facebook, twitter, snapchat, instagram, dan lain-lain. Ada yang berbasiskan video, gambar, bahkan tag lokasi. Dari awalnya hanya update status, ganti profile picture. Sekarang semua bisa di update melalui sosial media. Hal hal dan moment yang tidak bisa kita lewati dapat di posting  ke sosial media.
  • VRVirtual Reality dalam bahasa indonesia disebut Realitas Maya adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa berada di dalam lingkungan tersebut. di zaman ini banyak game yang sudah menggunakan tekhnologi VR, salah satunya adalah Roller Coaster 360,
CIRI CIRI INOVASI DALAN SI:

Khas
Salah satu ciri-ciri Inovasi SI adalah Khas. Maksudnya adalah sebuah Inovasi Sistem Informasi memiliki ciri tertentu yang unik (ciri-ciri tertentu) untuk menjadi sebuah ciri yang berbeda dengan yang lainnya. Agar inovasi tersebut tidak disalin atau diakui oleh pihak lain.
Contoh :
Misalkan dalam tampilan sebuah aplikasi. Biasanya, sebuah aplikasi akan mudah diingat oleh orang (pengguna) bila memiliki warna khas dari tampilan produk tersebut. Maka setiap pembuatan aplikasi khas akan diterapkan paling tidak dalam sisi tampilan aplikasi tersebut. misalnya seperti facebook yang mendominasikan warna biru pada tampilannya
Baru
Ciri Inovasi SI yang lainnya adalah Baru. Yang dimaksud dengan baru adalah adanya suatu perbedaan atau perubahan dari yang sebelumnya. Atau menciptakan sesuatu yang belum bernah ada. Jika hanya meniru tanpa adanya perubahan tertentu maka tidak dapat disebutkan bahwa Inovasi SI itu adalah baru.
Contoh :
Misalkan peluncuran system. Sebuah system terebut dikatakan baru karena ada alur kerja yang berbeda dari system biasanya. Misal dalam system aplikasi sosial media, adanya fitur tambahan untuk menambah durasi upload content dapat membuat content creator berkreasi lebih luas dibandingkan sebelumnya. misalnya aplikasi instagram menambah fitur igtv untuk menguopload video lebih dari 1 menit.
Terencana
Ciri Inovasi yang lainnya adalah Terencana. Maksud dari terencana adalah bahwa sebuah Inovasi SI yang akan dibangun (diciptakan) haruslah terencana. Jelas alur akan apa yang ia buat. Merencanakan sebelum berjalan agar dapat mengukur hasil. Dan juga alat control apabila di tengah jalan terjadi sesuatu yang diluar dugaan. Bila semua sudah terencana, meskipun adanya kendala akan dapat kembali lagi ke alur sesuai yang sudah direncanakan.
Contoh :
Dalam merencakan pembuatan sebuah inovasi system informasi perlu memerhatikan beberapa aspek. Pertama misalkan dalam hal biaya, merencanakan berapa biaya yang akan di keluarkan untuk pembuatan system tersebut. Lalu sasaran produk, kepada siapa karya inovasi SI tersebut akan diberikan (dijual). Sehingga jelas sejak awal (benar terencana) peluncuran Inovasi SI tersebut.
Memiliki Tujuan
Ciri Inovasi yang terakhir adalah Memiliki Tujuan. Artinya adalah sebuah Inovasi haruslah memiliki tujuan/sasaran pasar akan produk yang dibuatnya. Sehingga apa yang ia ciptakan tidak sia-sia dan diharapkan bisa tepat sasaran.
Contoh :
Setelah merencanakan strategi dengan baik, disana tergambar bahwa sebuah Inovasi SI memiliki tujuan. Misal aplikasi penjualan. Tujuan daripada aplikasi tersebut adalah untuk memudahkan proses penjualan mulai dari pemesanan hingga pembayaran. Penyimpanan data pelanggan, estimasi harga, pemberian harga diskon, pembayarab bertahap (jatuh tempo pembayaran) dan yang lainnya.

Sifat Perubahan dalam Inovasi SI :

Penggantian (substitution)
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang pertama adalah penggantian. Jadi penggantian yang dimaksud adalah adanya perubahan dari satu sisi ke sisi lainnya (bukan berarti upgrade).
Contoh : Inovasi dalam penggantian peralatan pada praktikum. Mengganti beberapa barang-barang yang sudah rusak, dengan barang yang baru, agar optimalisasi kegiatan praktikum dapat berjalan dengan maksimal.
Perubahan (alternation)
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang kedua adalah Perubahan. Yang dimaksud dengan perubahan adalah mengganti suatu posisi dengan komposisi yang sama.
Contoh :
Mengubah tugas wakil kepala sekolah yang tadinya hanya melakukan pengawasan terhadap kinerja  guru di sekolah, kini berubah menjadi pembimbing dan penyuluhan untuk mengubah kurikulum sekolah kepada guru di sekolah tersebut.
Penambahan (addition)
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang ketiga adalah Penambahan. Berbeda dengan perubahan, penambahan disini adalah menambah komposisi tanpa merubah sistem yang ada.
Contoh :
Karena banyaknya data yang masuk ke dalam PT. X, maka PT. X berencana untuk melakukan penambahan server di bagiam pusat data perusahaan mereka. Penambahan ini dilakukan untuk perubahan perusahaan ke arah yang lebih baik, lebih fresh dalam pelayanan pelanggan dengan penyimpanan data yang maksimal.
Penyusunan kembali (restructturing)
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang keempat adalah Penyusunan kembali. Iyalah menyusun kembali struktur tersebut tanpa menambahkan atau mengurangi komposisi di dalamnya.
Contoh :
Si A menyusun kemblai struktur Divisi Keuangan guna efisiensi waktu.  PT. X mengubah posisi yang  mengerjakan bagianInvoice Customermenjadi PO Customer yang semula ditempati oleh tuan X.
Penghapusan (elimination)
Sifat perubahan dalam Inovasi SI yang kelima adalah Penghapusan. Berbeda dengan penyusunan kembali tadi, penghapusan adalah mengilangkan salah satu komponen dalam suatu komposisi.
Contoh :
Si A menghapus/memberhentikan pegawainya sebagai staf admin order barang, karena pekerjaan tersebut memungkinkan untuk dikerjakan oleh staf admin penjualan barang, agar menghemat pengeluaran perusahaan.
Penguatan (reinforcement)
Sifat Perubahan SI yang keenam adalah Penguatan. Yang dimaksudn dengan penguatan disini adalah bagaimana suatu sistem yang ada diperkuat dengan komponen lainnya.
Contoh :

Upaya peningkatan atau pemantapan kemampuan tenaga dan fasilitas sehingga berfungsi secara optimal dalam permudahan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dengan cara memberikan sejumlah pelatihan kepada tenaga pengajar yang ada, sehingga para tenaga pengajar memiliki tambahan ilmu guna tercapainya tujuan pendidikan secara efektif.
MANFAAT INOVASI SI:

Di era modern seperti ini, segala sesuatu tentu terus berkembang dengan pesat. Jika kita tidak mengikuti arus perkembangan teknologi maka kita akan kalah produktivitasnya dengan mereka yang paham akan perkembangan teknologi. Teknologi informasi memiliki manfaat untuk memudahkan pekerjaan, meningkatkan produktivitas perusahaan, mendapatkan informasi dengan mudah, membantu mengambil keputusan dalam suatu perusahaan. Mengapa demikian? Karena dengan inovasi sistem informasi semua informasi diperoleh dengan singkat sehingg manajemen dapat dengan mudah mendapatkan data yang dibutuhkan sehingga pengambilan keputusan dapat diambil dengan mudah. Bayangkan apabila tidak ada sistem informasi, untuk mendapatkan data akuntansi kita harus ke bagian akuntan. Berapa banyak waktu yang terbuang? Dengan inovasi di bidang teknologi informasi dan sistem informasi semua menjadi serba cepat.
Sekarang teknologi teknologi terbaru dan tercanggih telah bermunculan. Inilah contoh dari teknologi modern :
1. Jet Pack
Jet pack ini adalah alat yang biasa kita lihat di film-film fiksi yang mengisahkan tentang sains. Alat ini biasa digunakan untuk terbang yang biasanya bahan bakarnya adalah gas ataupun air. Perusahaan yang pertama kali dan satu-satu nya yang memproduksi alat ini adalah perusahaan yang bernama TAM. Perusahaan tersebut memproduksi alat ini dengan paket lengkap kostum yang di desain oleh Rocket Belt dilengkapi pula dengan material aerospace untuk dapat memproduksi bahan bakar hydrogen peroksida jet.

2. Virtual Goggles
Sebuah eksperimen yang telah dilakukan selama beberapa dekade, kini telah membuahkan hasil nyata, bahkan anda bisa menyaksikan nya di rumah anda sendiri sekarang. Teknologi telah membawa dunia virtual ke dalam komputer yang bisa dimiliki oleh semua orang.

3. Quantum Teleporter
Penelitian quantum teleportation ini bisa dilakukan hanya pada benda kecil, dengan teknologi ini para peneliti bisa menghancurkan sebuah objek dan kemudian membuatnya kembali. Sungguh teknologi yang sangat menakjubkan, meskipun teknologi ini tidak dapat memindahkan keseluruhan benda hidup atau pun mati secara sempurna, atau keseluruhan fisik, namun alat ini bisa menciptakan replica dari sebuah benda dan meletakan nya ditempat lain. namun saat prose situ terjadi, benda asli akan menghilang untuk sementara.
Ada juga yang tidak kalah hebatnya dengan Quantum Teleporter, yaitu Komputer Kuantum yang kecepatan processornya 3600 kali lebih cepat dari komputer lama. Untuk penjelasan tentang komputer kuantum baca disini : Teknologi Komputer Kuantum

4. Flying Saucer
Ini adalah kendaraan yang mirip dengan pesawat uvo dan tidak ada awak yang mengemudikan nya. Flying saucer ini sendiri dibuat oleh perusahaan inggris bernama aesir.
Teknologi modern ini sama seperti teknologi di masa depan yang mulai di rancang seperti di halaman berikut : 11 Teknologi Masa Depan Tercanggih

5. 360º 3-D Holographic Displays
Ini adalah teknologi yang berbasiskan time of flight yang bisa merekam informasi ke dalam bagian objek, biasanya digunakan untuk membuat model 3D. dalam hal ini ukuran 3D yang didapat dilakukan dengan cara mengirim gelombang infra merah ke dalam scene video dan kemudian cahaya yang direfleksikan oleh infra merah tersebut dapat terdeteksi.  Dengan menggunakan ukuran waktu yang ditempuh infra merah dan waktu kembalinya, maka hal itulah yang digunakan untuk membuat informasi 3D dari semua objek yang telah di scene.

6. Flying Car
Mobil terbang adalah salah satu teknologi yang mampu mengatasi kemacetan pastinya, dengan flying car ini, maka dengan mudah anda bisa berputar dan menukik di angkasa agar bisa keluar dari kemacetan dan sampai pada tujuan dengan cepat.
Teknologi Modern Terbaru Dan Tercanggih
7. Lightsaber
Pedang laser terdiri dari logam dan mata pedang yang berupa plasma dengan panjang 1 meter. Dan pedang ini biasa kita temukan di film-film sains fiksi. Pedang ini bisa memotong objek dengan tanpa perlawanan, namun pedang ini juga masih bisa ditangkis dengan perisai.

Komentar

  1. Borgata Hotel Casino & Spa: Get Your $600 + 150 FS in Casino
    Borgata Hotel Casino & Spa: Get Your $600 + 150 FS 천안 출장안마 in Casino 강릉 출장마사지 Gaming 1 Borgata Way Atlantic 광주광역 출장마사지 City, NJ 08401 (609) 862-5000. 서산 출장안마 Rating: 2 · ‎Review by Dr. Christopher S. 세종특별자치 출장샵 Macy

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN OJEK ONLINE

ARTIKEL KEADILAN DAN KEPERCAYAAN

PENGERTIAN SDLC DAN CONTOH – CONTOHNYA