Teknologi Robot,Gaming,Drone, dan Smartphone

ROBOT
       Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerfasan buatan). Istilah robot berawal bahasa ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan industri robot digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan llimbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.
Pada kamus Webster pengertian robot adalah:
(sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia)
Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah:
(Sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer)
Pengertian dari Webster mengacu pada pemahaman banyak orang bahwa robot melakukan tugas manusia, sedangkan pengertian dari Oxford lebih umum.
Beberapa organisasi di bidang robot membuat definisi tersendiri. Robot Institute of America memberikan definisi robot sebagai:
(Sebuah manipulator multifungsi yang mampu diprogram, didesain untuk memindahkan material, komponen, alat, atau benda khusus lainnya melalui serangkaian gerakan terprogram untuk melakukan berbagai tugas)
International Organization for Standardization (ISO 8373) mendefinisikan robot sebagai:
(Sebuah manipulator yang terkendali, multifungsi, dan mampu diprogram untuk bergerak dalam tiga aksis atau lebih, yang tetap berada di tempat atau bergerak untuk digunakan dalam aplikasi otomasi industri)


       contoh dari perkembangan teknologi robot adalah sophia si robot artificial intelegence. Sophia adalah sebuah robot humanoid yang dikembangkan oleh perusahaan berbasis di hongkong hanson robotic. Robot tersebut dirancang untuk memberikan jawaban berbagai pertanyaan dan telah "diwawancara" di seluruh dunia. Pada Oktober 2017, robot tersebut menjadi warga negara Saudi Arabia. Sophia adalah robot pertama yang meraih kewarganegaraan dari sebuah negara. 

GAMING


Kalian suka gaming? pasti dong. Industri game memang mengalami perkembangan yang pesat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sayangnya, selama ini Indonesia hanya menjadi pasar dari industri game dunia. Padahal industri ini memiliki prospek yang menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian, karena tidak membutuhkan lahan yang besar tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang besar.



Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang, begitupun dengan berbagai inovasi teknologi dalam industri game. Terlebih permintaan para gamer, yang membuat para produsen produk gamming harus bekerja keras untuk memenuhi permintaan mereka. seperti bentuk layar monitor yang minimalis dan bisa menampilkan gambar beresolusi 4k demi kenyamanan dalam bermain game. di zaman ini bentuk dan desain peralatan untuk bermain game sudah termasuk paten. mulai dari layar monitor cekung, CPU berdesain unik,mose makro dengan lampu biru led.

berikut ini adalah contoh inovasi perkembangan di dunia gamming:

1. Microsoft HoloLens
Hasil gambar untuk microsoft hololens
Microsoft HoloLens merupakan perangkat canggih yang menggabungkan teknlogi VR dan AR menjadi perangkat yang satu.Jadi ketika kamu memakai perangkat ini, kamu akan merasa seperti melihat hologram yang sebenarnya AR. Perangkat ini dilengkapi dengan sensor gerakan dan pemetaan ruang secara realtime yang akan menghadirkan konten virtual ke dunia nyata. Kamu juga bisa berinteraksi dengan objek virtual yang kamu buat tapi tidak bisa kamu rasakan.

Teknologi ini sebenarnya sudah lebih dahulu digunakan untuk bidang arsitektur dan kesehatan hingga akhirnya dibawa Microsoft untuk dijual secara umum. Sedangkan untuk industri game sendiri, pengembangan untuk perangkat ini masih sedikit karena bisa dibilang teknologi ini masih baru dan mahal. Jadi, mungkin saja di masa depan nanti teknologi ini menjadi perangkat gaming yang wajib dibeli.

2. Steelseries Sentry Eyetracker

Hasil gambar untuk eye tracker steelseries
Steelseries Sentry Eyetracker merupakan perangkat yang akan membaca setiap gerakan matamu, yang artinya kamu dapat mengoperasikan PC-mu dengan hanya gerakan mata. Berkat sensor yang akurat, perangkat ini cukup populer di kalangan para game streamer untuk memudahkan mereka saat livestreaming. Perangkat ini didukung oleh teknologi tobii tech, sebuah perusahaan yang mengembangakan sensor eyetracking di bidang kesehatan. Namun, masalah dengan perangkat ini adalah kompatibilitas game yang masih sedikit.

3. Tesla Gaming Suit

Hasil gambar untuk tesla gaming suit
Tesla Gaming Suit merupakan kostum yang memiliki teknologi haptic feedback system, dimana kamu dapat merasakan apa yang ada di dalam game yang dilengkapi dengan sensor untuk mensimulasikan umpan balik yang ada di dunia video game. Berkat 64 sensor yang terpasang pada kostum ini, kamu dapat merasakan suhu dan juga sengatan kecil jika kamu terkena pukulan atau tembakan tepat dimana karakter video game mu terkena.

4.Virtuix Omni


Hasil gambar untuk virtuix omni
Virtuix Omni merupakan perangkat tambahan yang dikhususkan untuk VR. Perangkat ini dapat kamu gunakan sebagai pengganti game controller saat kamu berjalan di game. Jadi dapat mengurangi motion sickness yang terjadi saat bermain game FPS. Cara menggunakan perangkat ini cukup mudah, kamu hanya cukup berjalan sesuai arah yang kamu inginkan di video game di sebuah treadmill 360 yang dilengkapi dengan sepatu khusus yang dilengkapi dengan sensor untuk membaca gerakan melangkah kakimu.

5. The Void

Be5814753a7a89fb29b4c0f6710f0480
The Void sebenarnya bukan merupakan sebuah perangkat, melainkan sebuah wahana yang dilengkapi dengan berbagai macam perangkat VR yang lengkap dan akan membawamu seperti masuk ke dalam game. Tidak hanya bisa menikmati secara visual, kamu juga bisa menyentuh dan merasakan di wahana ini.
Saat bermain di wahana ini kamu akan dipasangkan dengan berbagai perangkat VR seperti PC gaming backpack, VR suit, dan juga perangkat VR yang telah dilengkapi berbagai macam sensor. Kamu akan dibawa ke dalam studio environment yang dibuat sedemikian rupa sama dengan apa yang ada di dalam game.
DRONE
Drone atau pesawat tanpa awak merupakan inovasi yang lahir dari kemajuan teknologi. Dahulu, drone digunakan hanya untuk kepentingan militer sebagai alat pengintaian daerah musuh. Pengunaannya terbatas dan tidak mudah untuk dioperasikan. Akan tetapi, saat ini drone sudah sangat populer bahkan menjadi sebuah tren video dan fotografi.
Sebelum ada drone, fotografer membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di tujuan dan membutuhkan energi yang lebih besar, karena harus menaiki gunung, bukit, gedung, tower dan dataran tinggi lainnya. Ditambah dengan membawa peralatan-peralatan yang cukup berat seperti lensa dan tripod. Oleh karena itu, kehadiran drone menjadi solusi bagi para fotografer, salah satunya mempermudah dalam pengambilan gambar lanksap pemandangan dari ketinggian. Drone mampu mengambil dan merekam gambar dari perspektif yang berbeda, yakni bird view sehingga cocok untuk menangkap pemandangan luas. Cukup terbangkan drone, fotografer tidak perlu repot naik-naik ke tempat tinggi.5 contoh drone, yaitu:
  1. DJI Phantom Drone
Drone paling populer di kalangannya, mengapa? Karena Drone jenis ini termasuk salah satu yang termewah dan dilengkapi dengan fitur yang banyak dan canggih. Salah satu kelebihan dari DJI Phantom adalah sistem GPS yang terintegarasi di dalamnya sehingga kita tidak perlu khawatir jika menerbangkan Drone ini dengan jarak yang cukup tinggi maupun jauh. Dengan fasilitas GPS tersebut drone ini bisa dengan mudah di lacak dan bahkan bisa kembali secara otomatis ke lokasi remotenya.
  1. Parrot Drone
Drone yang satu ini mempunyai bentuk yang sangat unik, dikenal dengan nama Parrot. Salah satu yang menarik dari drone fotografi jenis ini adalah banyaknya media kontrol yang bisa digunakan sebagai remote untuk menerbangkan Drone ini.
  1. Nine Eagle Galaxy Visitor 3
Nine Eagle adalah salah satu drone yang bisa didapat dengan harga terjangkau dan relatif murah. Drone jenis ini adalah yang paling cocok digunakan untuk para pemula Karena sangat mudah digunakan, Fitur yang cukup lengkap sangat cocok untuk dijadikan sebagai subjek dalam mengenal dan mempelajari Drone untuk fotografi.
  1. Walkera QR
Jenis Drone yang satu ini juga menjadi salah satu paling banyak di gunakan oleh pecinta aerial photography karena fiturnya yang keren dan selalu update, Salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan pada Walker QR adalah GPS.
  1. RC Quadcopter
Drone ini juga salah satu yang mudah digunakan dan bisa diperoleh dengan harga terjangkau. Jenis ini juga menjadi salah satu andalan untuk berlatih menggunakan Drone karena flexibilitasnya. Salah satu yang banyak digunakan dan didapat dengan harga murah adalah Quadcopter x5c. Yang mana juga dilengkapi dengan led warna warni dan kamera dibagian bawah. Karena fisik pesawat terbuat dari bahan plastik yang flexibel sehingga tidak mudah patah ataupun pecah saat bertabrakan.

SMARTPHONE
Zaman yang semakin maju membuat berbagai teknologi semakin menakjubkan. Salah satunya adalah smartphone. Tak mau puas dengan teknologi yang ada, vendor-venfor ponsel dengan giat menciptakan tren dan inovasi baru. Berbagai sektor tak luput dari pengembangan, mulai dari kamera, desain, fitur canggih, gradasi warna elegan, hingga konektivitas.

Teknologi-teknologi baru yang bermunculan tak dipungkiri akan mengubah masa depan dan akan memengaruhi seluruh pengalaman manusia dalam berbagai aspek kehidupan dan peradaban. Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Termasuk dalam ranah smartphone.
Setiap tahun, kita pasti akan melihat perubahan dan inovasi besar pada dunia smartphone. Pasalnya, saat ini smartphone bukan hanya sebagai media komunikasi tapi juga bagian gaya hidup, kemanapun seseorang pergi pasti terdapat smartphone di tas maupun saku pakaiannya.

Sejak tahun 2017 lalu, banyak teknologi smartphone canggih yang diperkenalkan kepada masyarakat. Nah, pada tahun 2019 ini diprediksi akan muncul banyak teknologi baru yang lebih canggih dan semakin populer digunakan masyarakat. Buktinya, saat ini sudah banyak produk smartphone bermunculan dengan beragam fitur canggih dan desain menarik yang siap memanjakan penggunanya.contoh dari tekhnologi yang terdapat pada smartphone adalah:



1. Biometrics



Hasil gambar untuk biometrik smartphone
Pada smartphone keluaran terbaru sudah terdapat fitur biometrik yang lebih dikenal sebagai sensor fingerprint (sidik jari) atau face unlock, yaitu membuka kunci smartphone menggunakan wajah pemilik dan berkembang lebih lanjut menggunakan suara (voice recognition).
Fungsi dari biometrik ini untuk melindungi smartphone atau data-data penting didalamnya dari akses orang yang tidak mempunyai hak.



2. Wearable device


Hasil gambar untuk wearable smartphone
Wearable device artinya perangkat-perangkat yang dipasang dalam tubuh yang terhubung dengan smartphone, seperti kacamata, gelang, smartwatch dll. Ada lebih dari 110 juta wearable device sudah diluncurkan dipasaran dan akan bertambah seiring dengan perkembangan jaman. Bahkan tidak mungkin suatu saat ada smartphone komplit sebesar jam tangan.



3. Wireless charger


Hasil gambar untuk wireless smartphone charger
Wireless charging adalah teknologi terbaru dari smartphone, dimana kita tidak perlu menggunakan kabel untuk mencharge baterai HP namun hanya meletakkan smartphone diatas atau didekat charger, namun teknologi ini hanya baru beberapa jenis smartphone saja yang memiliki fitur ini.



4. Smartphone 5G


Hasil gambar untuk 5g smartphone


Internet menjadi salah satu teknologi yang juga berkembang pesat seiring dengan inovasi smartphone. Bila kamu mengenal istilah 2G, 3G, LTE, pelan-pelan sudah menjadi jadul untuk hal jaringan kecepatan internet pada smartphone. Kini teknologi 5G sudah mulai diluncurkan meskipun masih sedikit manufaktur smartphone merilis smartphone ini, dengan teknologi 5G, namun tak lama lagi akan banyak bermunculan smartphone menggunakan jaringan 5G.smartphone yang sudah meluncurkan 5g diantaranya adalah, samsung, huawei,oppo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN OJEK ONLINE

ARTIKEL KEADILAN DAN KEPERCAYAAN

PENGERTIAN SDLC DAN CONTOH – CONTOHNYA